Uncategorized

Merawat Kayu Agar Tetap Awet

Material kayu merupakan bahan yang cukup sensitif terhadap cuaca dan air. Beberapa jenis kayu ada yang akan dengan mudah sekali memuai dan menyusut jika terjadi perubahan cuaca yang ekstrim. Penampakan fisik pun sering terjadi ketika kayu terkena paparan sinar matahari atau air secara terus menerus. Oleh karena itu kayu harus mendapatkan perawwatan agar tetap berada dalam kondisi yang baik.

Agar kayu tidak cepat rusak, maka perlu dilakukan perawatan yang sesuai dengan jenisnya. Kayu mentah yang belum alami proses pengolahan apapun dapat dirawat dengan menghaluskan permukaannya yang kasar dengan menggunakan amplas, lalu memberinya cairan khusus agar dapat terlindungi dari jamur dan serangga. Langkah ini dapat dilakukan berulang kali hingga mendapat hasil yang diinginkan.

Sementara kayu yang sudah alami finishing dapat dirawat dengan mengelapnya hingga bersih. Kayu juga dapat diberikan furnitur wax dengan cara mengolesi seluruh permukaannya tipis-tipis. Jika ingin mendapatkan hasil yang sempurna, tunggulah hingga kering sempurna lalu ulang kembali lagi.

Untuk mengkilapkan kayu kita dapat menggunakan cairan pernis dengan pilihan warna yang dapat disesuaikan. Tetapi jika ingin melalui proses alami, kita dapat menggunakan bahan:
1. Minyak zaitun
Cairan ini dapat membuat permukaan kayu tampak mengkilap. Oleskan pada kayu lalu lap hingga merata, pastikan minyak meresap pada pori-pori kayu.
2. Kemiri
Kemiri yang dibakar akan mengeluarkan minyak yang bermanfaat untuk mengkilapkan kayu. Setelah kemiri dibakar maka tumbuklah hingga halus lalu bungkus dengan kain kasa atau kain yang tipis. Oleskan bungkusan kemiri bakar itu ke permukaan kayu. Hasilnya akan sempurna jika dilakukan dengan rutin.
3. Cuka
Zat asam yang terkandung dalam cuka dapat membantu proses pengangkatan noda lebih cepat. Caranya adalah dengan mencampu cuka dengan air biasa, lalu laplah permukaan kayu hingga merata. Penggunaan cuka ini dapat dikombinasikan dengan minyak zaitun. Setelah kayu kering, kita dapat mengelap permukaan kayu kembali dengan cairan cuka yang telah dicampur minyak zaitun.
4. Air teh
Teh yang dilarutkan akanberwarna coklat alami. Ini dapat dioleskan pada permukaan kayu dengan menggunakan lap halus. Teh akan membuat kayu tampak mengkilap dan warna alaminya akan tetap terjaga.
5. Jeruk nipis
Jeruk nipis memiliki sifat asam seperti cuka, namun ini lebih alami. Teteskanlah air jeruk nipis pada noda yang menempel di kayu. Lalu lap hingga kering, maka permukaan kayu akan tampak bersih dan mengkilap kembali.

Perawatan kayu yang dilakukan dengan rutin, bukan hanya akan membuat kayu tahan lama, tetapi juga membuat kayu semakin terlihat indah. Tidak mustahil jika kayu itu suatu saat akan memilki nilai jual tinggi karena kualitasnya yang terjaga dengan baik.

Jika Anda membutuhkan kayu yang memilki kualitas tinggi, maka dapat menghubungi supllier kayu Batam. perusahaan kayu di batam menyediakan berbagai jenis kayu dengan bentuk dan ukuran.